Persatuan Alumni Militer Indonesia - Inggris

Pidato Ambassador Moazzam Malik di Pembukaan PERSAMI
Assalamualaikaum WR WB,
Om Swastiastu,
Salam Sejahtera bagi kita semua,

Kepada Yth Laksamana Madya Dr Widodo, Sekjen KEMHAN dan para undangan yang berbahagia

Pada malam hari ini ijinkan saya untuk berbagi kebahagiaan dengan Bapak dan Ibu sekalian di tempat ini.

Inggris dikenal dengan kualitas pendidikan dan latihan dengan standardisasi tinggi. Terlebih lagi, di dalam militer, latihan dan pendidikan menjadi semakin penting. Sejalan dengan negara-negara Eropa lainnya, selama ini Inggris telah mengurangi jumlah angkatan bersenjatanya sejak runtuhnya tembok berlin di tahun 1989. Maka dari itu, untuk meyakinkan bahwa angkatan bersenjata kami masih bisa beroperasi dengan efektifitas tinggi di luar negeri dan di dalam negeri, sangat dipengaruhi oleh kemampuan untuk menyediakan pendidikan dengan kualitas standard yang tinggi dan latihan bagi para korsa perwira, para pelaut, prajurit dan para penerbang.

Saya sangat senang sekali bahwa banyak perwira Indonesia dan para prajurit telah mendapat manfaat dari komitmen tersebut.

Harapan saya adalah di masa yang akan datang, latihan dan pendidikan tersebut menjadi asset bagi Indonesia, dan cara pendekatan Inggris yang penuh dengan rasa ingin tahu dan keinginan untuk berinovasi, akan memberikan keuntungan bagi masa depan pertahanan Indonesia, dan kepentingan kita bersama dalam menghadapi ancaman lintas Negara.

Sebagai Duta Besar Inggris untuk Indonesia, saya merasa terharu dan bangga akan eratnya kerjasama pendidikan Negara kita. Kerjasama ini tidak hanya didasari oleh kebutuhan akan pendidikan itu sendiri, namun juga didasari oleh rasa persahabatan dan cinta kasih antara kedua Negara. Saya harap PERSAMI akan menyatukan para individual dengan pikiran yang sejalan, untuk kepentingan Tanah Air dan Tentara Nasional.

Inggris akan terus berlanjut untuk berinvestasi dalam latihan dan pendidikan, dan kita akan melihat Indonesia dan angkatan bersenjatanya sebagai partner di dalam kawasan, untuk melakukan kerjasama bilateral dalam menghadapi ancaman bersama.

Wassalamualaikum WR WB
Om Santi Santi, Santi Om.
Tuhan memberkati kita semua